Kamis, 23 Juli 2009

Pentingkah Pendidikan Musik?


Pentingkah pendidikan musik?Pendidikan musik merupakan sarana yang palin efektif bagi pendidikan kreatifitas.Pendidikan musik juga dapat menjadi sarana pendidikan afektif untuk menyalurkan emosi dan ekspresi anak.Selain itu,pendidikan musik dapat menjadi pendidikan ketrampilan.Jadi secara konseptual,pendidikan musik sangat besar peranannya bagi proses perkembangan anak,terutama di Sekolah Dasar.

Arah atau pendekatan seni,baik seni itu rupa,lukis,tari,musik,maupun seni teater, secara umum dapat dipilah menjadi dua pendekatan, yakni seni dalam pendidikan dan pendidikan melalui seni.

Pertama,seni dalam pendidikan.Secara hakiki materi seni penting diberikan kepada anak.Maksudnya keahlian melukis,menggambar,menyanyi,menari,memainkan alat musik,dan ketrampilan lainnya perlu ditanamkan kepada anak dalam rangka pengembangan dan kelestarian kesenian.Pendidikan musik ini sejalan dengan konsep pendidikan yaitu sebagai proses pembudayaan yang dilakukan dengan upaya mewariskan atau menanamkan nilai-nilai dari generasi tua kepada generasi berikutnya.Jadi didalam seni dalam pedidikan mengharapkan siswa pandai dalam bidang seni.

Kedua,pendidikan melalui seni.Plato menyatakan bahwa seni seharusnya menjadi dasar pendidikan.Seni atau pendidikan seni mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjunjang pendidikan secara umum. Maka melalui pendidikan melalui seni tercapai tujuan pendidikan yaitu keseimbangan rasional dan emosional, intelektual dan kesadaran estetis.

Konsep pendidikan melalui seni,pelaksanaannya lebih ditekankan pada proses pembelajaran dari pada produk.Maka sasaran belajar pendidikan seni tidak mengharapkan siswa pandai menyanyi, pandai memainkan alat musik, pandai menggambar dan terampil menari.Melainkan sebagai sarana ekspresi,imajinasi,dan berkreativitas untuk menumbuhkan keseimbangan rasional dan emosional,intelektual,dan kesadaran estetis.Kalau memang ternyata melalui pendidikan seni dapat menghasilkan seorang seniman maka itu merupakan dampak saja.

Dari penjelasan-penjelasan diatas,maka pendidikan musik sangatlah penting bagi perkembangan anak di masa depan. Pendidikan musik tidak lagi sebagai mata pelajaran tambahan yang sewaktu-waktu bisa saja dihilangkan atau hanya sekedar pengisi waktu luang bagi anak-anak yang kursus musik.Pendidikan itu merupakan sesuatu hal yang penting untuk menolong siswa dalam mengembangkan intelektual,emosional,dan potensi-potensi yang ada dalam diri mereka.Jadi pendidikan musik/pendidikan seni adalah bagian penting dan efektif untuk mewujudkan hal tersebut,meskipun saat ini masih diragukan dan dikesampingkan.

Categories:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Pendidkn musik mmg sgt petg....
tapi bgmna jika org tidk suka dG musik??
apakh harus juga dipaksa bermain musik??bakat seseorg bsa dlhat ktika msih kecil

Posting Komentar