Jumat, 24 Juli 2009

Bagaimana Belajar Piano yang Berhasil?


Banyak orang terus menerus belajar piano hingga bertahun-tahun, namun kelihatannya ia bukan seorang pianis yang berhasil,karena kemungkinan semua kegiatan itu diikuti bukan karena kemauannya sendiri tetapi kemauan orangtua, keluarga,maupun sahabat-sahabatnya.Perlu diketahui bahwa belajar piano itu tidak mudah dan menuntut suatu usaha keras, disiplin dan dorongan yang kuat dari dalam diri sendiri. Bakat seseoranglah yang menentukan keberhasilan seseorang itu sendiri, tetapi tak seorangpun di dunia ini yang mengetahui bakatnya tanpa terjun ke bidang musik itu. Jika ingin mengetahui apakah seseorang memiliki bakat dalam piano, maka ia harus ikuti proses belajar piano. Dalam proses belajar inilah, secara progresif, lambat tapi pasti, ia akan mengetahui apa ia berbakat dalam piano atau tidak.Ada beberapa kualitas penting yang harus dimiliki seorang pelajar piano yang ingin berhasil.

Harus Memiliki Daya Tarik

Apabila ingin berhasil dalam piano, maka ia harus memiliki daya tarik terhadap piano.Ia juga harus senang mendengarkan permainan piano, senang bermain piano walau belum terlalu mahir bermain piano. Apa yang terjadi jika kita tidak suka mendengarkan piano,bermain piano lalu dipaksa belajar piano?Maka kita akan kesulitan dalam mempelajari piano,walaupun didatangkan seorang guru piano.Karena sesuatu yang kita kerjakan kalau kita tidak suka pasti akan terasa berat melakukannya.Sebaliknya jika kita mempunyai daya tarik,pasti akan lebih mudah melakukannya.

Rasa Ingin Tahu dan Antusias

Ketika belajar piano,pasti akan menemukan banyak istilah-istilah dalam bahasa asing yang akan terus-menerus menjadi bagian proses belajarnya selama belajar piano.Jika seseorang memiliki rasa ingin tahu,pasti akan mencari informasi apa saja yang tidak mereka tahu. Dengan kata lain mereka tidak merasa bosan atau jenuh dengan banyak hal yang tidak ia ketahui tetapi memacunya untuk menggalinya sesuai kemampuannya.Tetapi seseorang harus memiliki semangat yang tinggi yang selalu membara dalam dirinya untuk terus maju hingga berhasil.

Tekun Berlatih

Ketekunan adalah kunci keberhasilan dalam bermain piano.Jika seseorang ingin berhasil,maka harus tekun dalam berlatih.Berlatih tidak perlu membutuhkan waktu yang lama-lama.Berlatih,walau sebentar tapi rutin dan tekun.Dari pada berlatih tiga jam tetapi seminggu sekali. Jika ingin berhasil dalam piano, ia harus belajar dengan tekun.Jangan pernah bersikap menggampangkan,karena hal ini akan memicu ketidak berhasilan.

Rendah Hati

Ketika seorang pianis menghasilkan permainan yang indah dan sempurna,maka ia pun merasa senang mendapatkan pengakuan dari penonton dan juri,misalnya tepuk tangan.Terkadang hal semacam ini bisa menjadikan sombong.Tak kala kita melakukan kesalahan, lupa, gugup bahkan tergelincir di saat memainkan sebuah lagu, apapun yang terjadi kita juga harus siap menerima segala saran dan masukan dari orang-orang.Dan janganlah menganggap kita ini yang paling hebat. Kerendahan hati akan menjadi keberhasilan seorang pelajar piano karena ia akan terus belajar dan belajar, tetapi kesombongan akan merupakan akhir dari karir seorang pianis.

Sabar

Selama belajar piano pasti akan menghadapi banyak kesulitan dan terkadang membuatnya merasa frustrasi. Belajar piano itu sangat sulit tetapi juga harus memiliki kesabaran pada diri sendiri, baik dalam mengendalikan pikiran maupun fisiknya.Yang paling penting adalah harus sabar. Segala sesuatunya jika dikerjakan dengan penuh kesabaran akan membuahkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Categories:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Itu sudah benar?
Ya ada baiknya dan ada juga idaknya

Posting Komentar